Sabtu, 18 Januari 2014

Tahun 2013, Kekerasan Meningkat

Categories:



KABA NURANI 2013, kasus kekerasan terhadap perempuan meningkat jadi 10% dari tahun sebelumnya. Data tersebut terungkap saat sebuah komunitas yang peduli pada kasus kekerasan pada perempuan, membeberkan data.
Bertepatan dengan hari anti kekerasan terhadap perempuan, Diana Pertiwi (21 th), salah seorang staf di Nurani Perempuan mengatakan, ada kecendrungan peningkatan kasus kekerasan seksual terhadap perempuan. "Tahun lalu, kasus kekerasan ini hanya 30 persen, tahun ini meningkat menjadi 40 persen," katanya.

Dari data yang dihimpun Nurani Perempuan, hingga pertengahan November tahun 2013, dari 77 kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan, 34 kasus diantaranya adalah kekerasan seksual dalam bentuk perkosaan, pencabulan 22 kasus, 'gang rape' (perkosaan yang dilakukan beramai-ramai) 1 kasus, nikah siri yang dipaksakan 3 kasus, pelecehan seksual 2 kasus, kehamilan yang tak diinginkan 3 kasus, dan kekerasan dalam berpacaran 3 kasus.

Yefri Heriyani, Direktur Nurani Perempuan 'Women Crisis Center' sebuah unit pelayanan perempuan dan anak, dalam wawancara dengan ranahberita.com senin (25/11/2013), mengatakan, semua pihak perlu terlibat aktif dalam sosialisasi persoalan ini agar kondisi tersebut bisa berangsur ditekan di masa depan.

"Untuk mensosialisasi kan persoalan-persoalan tersebut, acara solidaritas di hari anti kekerasan terhadap perempuan ini kami gelar. Tujuannya untuk mendukung perempuan korban kekerasan seksual dalam mendapatkan pemulihan dan keadilan," katanya.

Acara yang bertajuk "Candle Light Night Movement for Victim of Sexual Violence" yang dihadiri oleh berbagai perwakilan lembaga, jurnalis dan juga korban kekerasan. Acara ini diisi dengan renungan dan diskusi hati ke hati dari peserta yang hadir. Selain itu, nurani perempuan juga menggelar berbagai acara lainnya seperti talkshow, diskusi, penampilan teater dan lainnya. Kegiatan aksi solidaritas yang diusung Nurani Perempuan itu akan berlangsung hingga tanggal 12 Desember 2013n di Sekretariat mereka di Jl. Anggrek Perumahan Flamboyan Padang. (Noffi Satria/Ed10).

Ed. Fadhli

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Tahun 2013, Kekerasan Meningkat"

Posting Komentar