Sabtu, 05 Januari 2013

Kasus KDRT Meningkat di Tahun 2012

Categories: ,

Perempuan seringkali dijadikan sebagai objek kekerasan. Berbagai tindak kekerasan masih marak ditemukan, baik dilakukan oleh orang terdekat, kenalan, atau pun orang yang tidak dikenal. Dalam data WCC Nurani Perempuan,  untuk kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Sumatera Barat, ada 88 kasus kekerasan yang dilaporkan kepada WCC Nurani Perempuan selama tahun 2012.

Kasus yang dilaporkan datang dari berbagai daerah seperti Padang, Sawahlunto Sijunjung, Kota Solok, Kabupaten 50 Kota, Padang Pariaman, serta Payakumbuh.

Dari 88 kasus tersebut, pelaporan terhadap kasus KDRT menempati posisi teratas, yakni sebanyak 45 kasus. Adapun kasus lainnya adalah kekerasan dalam berpacaran 7 kasus, perkosaan dan pencabulan 21 kasus, pelecahan seksual 6 kasus, nikah siri yang dipaksa 2 kasus, trafficking atau perdagangan manusia 4 kasus, kekerasan aparat 3 kasus, serta lainnya 2 kasus.

"Selama tahun 2012, hanya tujuh kasus (16persen) saja yang sampai dilaporkan ke kepolisian atau pengadilan agama. Dua kasus lainnya (5persen) dilaporkan ke atasan di tempat pelaku bekerja. Untuk 34 kasus lainnya (79persen), korban masih menggunakan cara penyelesaian keluarga, tetangga (RT) dan mencari informasi diketahui atau tanpa diketahui oleh keluarga untuk menguatkan keputusan mereka," ujar Yefri Heriani, Direktur WCC Nurani Perempuan, dalam acara pemaparan kasus kekerasan terhadap perempuan yang ditangani WCC Nurani Perempuan.

Saat ini, masih banyak kasus KDRT yang belum terungkap ke permukaan. Hal ini disebabkan masyarakat masih enggan ikut campur karena permasalan yang menyangkut kehidupan rumah tangga orang lain dianggap sebagai ranah privasi, sehingga lebih baik diselesaikan oleh suami istri saja. Selain itu, terkadang ada juga korban yang enggan melaporkan kekerasan yang menimpanya disebabkan takut atau pun tidak mau melaporkan. Sikap-sikap tersebut, menyebabkan KDRT akan terus-menerus terulang.

Kedepannya, diharapkan pada tahun 2013 ini, perlahan kasus KDRT terhadap perempuan dapat menurun. Apabila terjadi KDRT, hendaknya segera dilaporkan, sehingga kasus ini dapat segera ditangani agar tidak ada lagi perempuan yang menjadi korban KDRT.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to " Kasus KDRT Meningkat di Tahun 2012"

Posting Komentar